Serba-Serbi Bahan Kain Ity Crepe, Karakteristik, dan Cara Perawatannya

Bahan Kain Ity Crepe

Dalam dunia fashion dan desain, ada banyak sekali jenis bahan kain crepe, mulai dari moss, barbie, hingga ity crepe. Dari banyaknya jenis bahan crepe, ity crepe adalah yang tengah naik daun. Bisanya bahan kain ity crepe banyak digunakan sebagai material pakaian muslimah, seperti khimar harian, gamis atau rok panjang.

Bahan ity crepe memiliki karakteristik tersendiri dibandingkan jenis crepe lainnya. Oleh karena itu, bahan ity crepe tidak hanya bisa digunakan sebagai material pakaian formal, tetapi juga bisa digunakan sebagai material pakaian non formal. Jika penasaran seperti apa karakteristik bahan ity crepe, berikut ini adalah ulasannya:

Karakteristik Bahan Kain Ity Crepe

Bahan ity crepe tengah diminati masyarakat karena memiliki karakteristik yang unik, terutama untuk industri pakaian muslim. Selain itu, bahan ity crepe pun berkualitas sehingga mampu menghasilkan pakaian yang apik dan nyaman dikenakan. Berikut ini adalah karakteristik bahan ity crepe yang bisa dijadikan sebagai referensi:

1. Tekstur Permukaan Unik

Bahan crepe disebut juga sebagai bahan kulit jeruk karena permukaannya yang kasar dan menyerupai kulit jeruk. Namun, khusus bagi bahan ity crepe, kerutan yang dihasilkan berbeda dibandingkan dengan bahan crepe jenis lainnya. Tekstur permukaan yang dimiliki oleh ity crepe cukup unik karena jika diraba akan terasa kasar atau tidak rata.

Namun, meskipun begitu, tekstur permukaan bahan ity crepe jauh lebih lembut dibandingkan dengan bubble crepe dan juga moss crepe. Pasalnya, tekstur yang dimilikinya seperti serbuk pasir yang kecil dan juga rapat.

2. Bahan Adem

Salah satu kriteria dalam mencari material bahan pakaian yang nyaman dikenakan adalah apakah bahan tersebut menyerap keringat atau tidak. Jika mencari bahan yang adem serta menyerap keringat, bahan ity crepe bisa menjadi pilihan yang tepat. Hal ini karena bahan ity crepe memiliki serat kain yang cukup rapat sehingga menghasilkan bahan yang adem.

READ  Aneka Jenis Bahan Tropical yang Bermanfaat dalam Industri Garment

3. Serat Kain Rapat

Seperti yang telah disinggung di poin sebelumnya, jika bahan kain ity crepe cukup rapat. Selain bisa menghasilkan bahan yang adem dan nyaman ketika dikenakan, serat kain yang rapat membuat bahan tidak transparan atau tembus pandang. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak produsen pakaian muslim memilih bahan ity crepe sebagai material pakaiannya.

Lihat juga: bahan kain tropical

4. Menimbulkan Efek Jatuh Ketika Dikenakan

Keunggulan dari bahan ity crepe yaitu bisa menimbulkan efek jatuh dan ringan ketika dikenakan. Sehingga jika dibuat menjadi gamis maupun gaun, perempuan yang mengenakannya akan terlihat begitu elegan. Efek jatuh yang ditimbulkan dari bahan ity crepe juga membuat bahan kain yang satu ini memiliki sifat lentur dan tidak kaku.

5. Tidak Mudah Kusut

Meskipun memiliki sifat yang ringan dan jatuh namun bahan ity crepe tidak mudah kusut. Selain itu, dengan bahannya yang tidak mudah kusut dan kaku, bahan ity crepe-pun menjadi lebih mudah untuk disetrika. Dengan begitu, ketika dikenakan, penggunakan akan lebih bebas untuk bergerak dan beraktivitas.

Perawatan Bahan Kain Ity Crepe

Dibandingkan bahan yang memiliki karakteristik sejenis, bahan ity crepes cenderung mudah dalam hal perawatan. Namun, meskipun begitu bahan ity crepes harus tetap melalui proses pencucian, penjemuran, dan penyetrikaan yang benar. Agar bahan ity crepe lebih awet dan tahan lama, disarankan mencuci dengan manual yaitu menggunakan kedua tangan.

Namun, apabila ingin mencuci menggunakan mesin cuci, gunakan mode halus. Saat penjemuran, hindari penjemur langsung di bawah sinar matahari karena akan merusak kualitas kain dan cepat memudarnya warna kain. Kemudian, ketika menyetrika hindari penggunaan panas yang terlalu tinggi agar kain serat kain tidak mudah rusak atau terbakar.

Lihat juga: bahan kain serena

Itu adalah ulasan lengkap mengenai bahan kain ity crepe yang menarik untuk diketahui. Bahan ity crepe cocok digunakan dalam aktivitas apapun karena sifatnya yang halus, adem, tidak mudah kusut, dan mudah perawatannya. Meskipun dibandrol dengan harga yang cukup tinggi, namun bahan ity crepe terjamin kualitasnya.

READ  Bahan Serena Pengertian, Karakteristik, Jenis, Contoh Produk Serta Tips Merawatnya