Ingin Tekstur Bahan Kain Lemon Skin Tetap Awet? Lakukan 6 Hal ini

Bahan Kain Lemon Skin

Sesuai dengan namanya, tekstur bahan kain lemon skin seperti kulit jeruk, yaitu berkerut dan kasar. Namun, inilah ciri khas bahan lemon skin yang mampu menjadi daya tarik dan berbeda dibandingkan bahan lainnya. Namun, meskipun memiliki tekstur yang unik, permukaan bahan lemon skin tetap lembut ketika diraba dan nyaman ketika dikenakan.

Keunikan tekstur yang dimiliki bahan lemon skin harus tetap dipertahankan yaitu dengan melakukan perawatan yang baik dan benar. Jangan sampai merawatnya dengan sembarangan karena bisa merusak serat kain sehingga tekstur bahan kain lemon skin yang unik akan rusak bahkan hilang. Jika tidak ingin hal tersebut terjadi, lakukan 6 hal berikut ini:

1. Tidak Menggunakan Mesin Cuci

Agar tekstur bahan lemon skip tetap awet dan terjaga, hendaknya tidak menggunakan mesin cuci ketika mencucinya. Pasalnya, penggunaan mesin cuci kana membuat serat kain lemon skin kusut, sehingga mudah rapuh dan juga rusak. Bahan lemon skin juga cenderung stretch sehingga jika mencuci menggunakan mesin cuci, bahan akan lebih mudah longgar.

Oleh karena itu, lakukan pencucian secara manual yaitu menggunakan tangan namun hindari kucekan dengan tenaga yang besar. Jika memang terpaksa menggunakan mesin cuci, pilih mode soft atau halus sehingga resiko kerusakan serat kain menjadi lebih kecil.

2. Hindari Penggunaan Sikat Pakaian

Ketika terdapat noda pada bahan lemon skin, sebisa mungkin hindari penggunaan sikat pakaian. Pasalnya, penggunaan sikat bisa dengan mudah merusak permukaan bahan lemon skin.

Permukaan bahan lemon skin yang disikat bisa memutus serat kain dan juga benang satu persatu sehingga bahan mudah rusak bahkan sobek. Sebagai solusinya, gunakan sponge yang lembut ketika ingin menghilangkan noda pakaian pada bahan lemon skin. Kemudian, bilaslah menggunakan air hangat agar noda lebih mudah hilang.

READ  Bahan Serena Pengertian, Karakteristik, Jenis, Contoh Produk Serta Tips Merawatnya

3. Gunakan Deterjen Cair yang Sesuai

Sebelum mencuci bahan lemon skin, sebaiknya rendam dahulu selama 10 hingga 15 menit menggunakan campuran air dan deterjen cair. Proses perendaman akan memudahkan ketika menghilangkan noda sehingga tidak perlu tenaga berlebih ketika menguceknya. Selain itu, perhatikan petunjuk penggunaan deterjen cair, misalnya dengan melakukan proses perendaman sesuai batas waktu yang ditentukan.

4. Peras Pakaian dengan Kekuatan Ringan

Keistimewaan dari bahan kain lemon skin terdapat pada teksturnya yang unik. Oleh karena itu, sebaiknya melakukan perawatan dengan baik, salah satunya dengan menghindari memeras bahan lemon skin terlalu kuat. Ketika ingin menjemur bahan lemon skin, cukup kibaskan secara perlahan atau peras menggunakan kekuatan ringan.

Kibasan dan perasan yang terlalu kuat akan merusak dan bahkan mengubah bentuk bahan lemon skin. Memeras bahan lemon skin juga tidak perlu tenaga ekstra karena serat kainnya longgar sehingga partikel air tidak mudah menyerap.

Lihat juga: bahan kain serena

5. Hindari Menjemur di Bawah Terik Matahari

Agar tekstur dan juga warna bahan kain lemon skin tahan lama, hindari menjemurnya langsung di bawah terik matahari. Jenis bahan lemon skin memiliki sifat mudah kering, meskipun tidak dijemur di bawah terik matahari. Dengan begitu, menjemur bahan lemon skin cukup di luar ruangan dengan sirkulasi udara yang baik dan membentangkannya ketika dijemur.

6. Gunakan Suhu Rendah saat Menyetrika

Jenis bahan lemon skin cukup sensitif dengan suhu yang panas. Oleh karena itu, ketika menyetrika bahan lemon skin, gunakan suhu yang rendah. Jika setrika yang digunakan memiliki suhu yang tinggi, bahan lemon skin bisa meleleh bahkan terbakar. Oleh karena itu, ketika menyetrika bahan lemon skin perlu berhati-hati.

Bahan kain lemon skin memiliki keunikan tersendiri, yaitu teksturnya yang kasar, berkerut, dan menyerupai kulit jeruk. Namun, itu lah daya tarik dari bahan lemon skin sehingga harus benar dalam perawatannya. Lakukan enam hal yang telah dijelaskan di atas dan bahan lemon skin pun akan tetap awet dan tahan lama.