Bahan Serena Pengertian, Karakteristik, Jenis, Contoh Produk Serta Tips Merawatnya

Bahan Serena

BahanĀ  serena – Ada banyak sekali bahan pakaian yang biasanya digunakan sehari-hari, namun banyak yang tidak menyadari jenis dari bahan tersebut. Salah satunya adalah bahan jenis serena yang sebenarnya sering dipilih untuk dijadikan sebagai bahan baku utama pembuatan jersey. Meskipun begitu, bahan serena ini belum seterkenal bahan drifit atau bahan tropical, sehingga disini akan lebih dibahas secara lengkap dan menyeluruh.

Apa Itu Bahan Serena

Bahan yang satu ini memiliki tekstur sekilas mirip seperti bahan kaos, biasanya sering digunakan sebagai bahan membuat baju untuk futsal. Serena merupakan jenis bahan yang memiliki tekstur ringan, dan juga halus sehingga bisa menghindarkan penggunanya dari gesekan. Berat dari bahan serena ini hanya mencapai 0,21 kg per meter perseginya, sangat ringan.

Karakteristik yang Dimiliki

Setelah mengetahui apa itu sebenarnya bahan jenis serena, maka sekarang saatnya untuk mengetahui karakteristik yang dimiliki oleh bahan ini. Memahami karakteristik ini sangat penting untuk dilakukan agar lebih memahami bahan yang satu ini. Sehingga penggunaannya juga bisa lebih tepat, adapun beberapa karakteristik yang dimiliki oleh bahan yang satu ini diantaranya adalah :

1. Tipis

Pertama bahan ini tipis dan sama sekali tidak berat, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya. Meskipun bahan ini akan terasa panas saat awal pemakaiannya, namun karena bahan ini tipis sehingga bisa tetap membuat penggunanya aman. Dengan karakteristik bahan yang tipis ini bisa memberikan kenyamanan, dan juga sirkulasi udara yang baik untuk penggunanya.

2. Daya Serap Rendah

Selanjutnya adalah bahan yang satu ini tidak bisa menyerap keringat dengan baik, sehingga bisa dikatakan bahwa daya serap dari bahan ini rendah. Sehingga perhatikan juga penggunaan bahan ini untuk apa, dan jangan sampai bisa menimbulkan ketidaknyamanan saat menggunakannya.

READ  Serba-Serbi Bahan Kain Ity Crepe, Karakteristik, dan Cara Perawatannya

3. Teknik Pewarnaan yang Digunakannya

Bahan yang satu ini seperti yang diketahui sangat tipis dan juga halus sehingga untuk teknik pewarnaan, teknik sablon dianggap yang terbaik. Sehingga jangan sampai ketika pengguna ingin memberikan warna tambahan pada bahan ini malah merusaknya karena tidak mengetahui teknik pewarnaan apa yang tepat untuk digunakan.

4. Tidak Bisa Dibordir

Lalu karena bahan ini memiliki sifat yang sangat licin, lembut, dan juga halus maka bahan ini tidak bisa dibordir. Jadi jangan berpikiran untuk menambahkan hiasan pada kaos ini menggunakan teknik bordir. Karena justru hal tersebut bisa merusak bahan yang satu ini, dan malah jadinya tidak terpakai. Namun bahan ini sangat bagus jika di sublim seperti pada bikin jersey futsal printing sepakbola. Warnanya akan sangat bagus karena seratnya padat.

5. Halus

Terakhir seperti yang sudah dikatakan beberapa kali sebelumnya bahwa bahan yang satu ini sangat halus. Itulah kenapa bahan ini cocok untuk digunakan sebagai bahan untuk membuat jersey. Karena dengan tekstur halus yang dimiliki, bahan ini bisa menghindarkan penggunanya dari gesekan yang berlebihan. Tentunya tidak akan menimbulkan ruam ataupun luka pada kulit penggunanya.

Jenis-Jenis yang Ada

Kalau untuk jenisnya sendiri, sampai sekarang di Indonesia baru ada dua jenis bahan serena yang beredar di masyarakat. Pertama adalah serena climacool, dengan keunggulannya yakni mudah kering dan juga lebih adem saat digunakan. Serena ini merupakan yang digunakan oleh dua produsen jersey raksasa yakni nike dan juga adidas. Lalu ada serena super yang memiliki kualitas terbaik.

Contoh Produk yang Dihasilkan

Untuk produknya sendiri sepertinya sudah disinggung beberapa kali bahwa jersey merupakan contoh produk yang dihasilkan oleh serena dan yang paling sering ditemukan. Sebenarnya selain jersey ada lagi beberapa contoh produk lain yang bisa ditemukan dan juga menggunakan bahan jenis serena ini. Adapun beberapa produk yang bisa ditemukan dan menggunakan bahan jenis serena diantaranya :

  • Jersey, ini merupakan produk yang dihasilkan oleh bahan jenis serena yang paling banyak digemari oleh masyarakat. Selain karena kualitas bahan jenis serena mumpuni untuk membuat jersey, bahan jenis ini juga memiliki harga yang murah jika dibandingkan yang lain.
  • Kaos, selain untuk membuat jersey bahan ini juga biasa digunakan untuk membuat kaos polos. Penggunaan kaos polos ini biasanya digunakan untuk keperluan sehari-hari. Namun tidak semua orang cocok menggunakan kaos dengan bahan yang satu ini.
  • Hijab juga ternyata bisa terbuat dari bahan yang satu ini. Biasanya produk hijab yang dihasilkan adalah hijab dengan model langsung jadi. Biasanya hijab ini digemari karena bahannya yang tipis serta memiliki sirkulasi udara yang baik.
  • Gamis adalah produk lainnya yang juga bisa menggunakan serena sebagai bahan utamanya. Biasanya penggunaan serena pada gamis ini lebih sering untuk memberikan kesan yang non formil.
READ  Aneka Jenis Bahan Tropical yang Bermanfaat dalam Industri Garment

Tips Untuk Merawatnya

Pertama jangan pernah mencuci bahan ini di mesin cuci menggunakan putaran yang kuat karena bisa menyebabkan bahan menjadi robek. Lalu gunakan juga detergen yang memang diformulasikan khusus untuk mesin cuci demi menjaga kualitas dari bahan yang satu ini. Akan lebih baik jika mencuci bahan ini dengan menggunakan tangan saja, supaya bahan tetap terjaga kualitasnya.

Itulah tadi beberapa informasi terkait bahan serena, sehingga pengguna sekarang bisa membedakannya dengan bahan drifit ataupun bahan jersey lainnya. Selain itu ternyata bahan jenis ini sudah banyak digunakan dalam industri tekstil namun tidak terlalu populer seperti bahan lainnya.